Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Nilai Tambah (SIMDIK)

a) Keuntungan dari sistem ini adalah:
Menurut standar JARDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional), laporan dari sekolah mana saja dan dari Kantor Pendidikan dapat dikomunikasikan dengan mudah dan cepat tanpa perlu publikasi dan pencetakan laporan. Ini karena format laporan dan jaringan telah disesuaikan dengan konsep sinkronisasi online.
Sederhana, pemrosesan cepat, pengarsipan, penelitian, dan komunikasi data dan informasi yang diminta.
Dibangun untuk kebutuhan administrasi akademik sekolah.
Sistem dapat disesuaikan dengan kebutuhan lembaga / lembaga pendidikan terkait.
b) Layanan SIMDIK sekolah, yaitu:
Dapat memonitor perkembangan pendidikan siswa
Dapat secara akurat meningkatkan layanan pendidikan masyarakat.
Dapat menyimpan database sekolah pada siswa, guru dan karyawan yang terdiri dari data akademik, sistem kurikulum, administrasi, bahan sekolah, dan lainnya.
Memfasilitasi kegiatan sekolah di semua bidang, mulai dari BK, TU dan lainnya
Dapat meningkatkan citra merek sekolah tanpa struktur administrasi modern.
c) Layanan SIMDIK untuk orang tua dan murid, yaitu:
Siswa dapat membuat blog / email dll.
Siswa dapat memonitor pengetahuan di luar sekolah
Siswa dapat berkorespondensi dengan siswa lain di seluruh dunia
Siswa akan menemukan informasi tentang beasiswa di Jerman dan luar negeri
Orang tua dapat memeriksa daftar keberadaan / nilai menggunakan fungsi SMS
Gateway Pergi ke sekolah tanpa pergi ke sekolah
Dapat memonitor perkembangan siswa.
G. Konsep dasar mengenai sistem manajemen informasi untuk pendidikan


Gambaran sistem informasi pendidikan yang dibutuhkan di Indonesia idealnya menunjukkan bagaimana para pengambil keputusan dapat dengan mudah menemukan informasi sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan pendidikan. Misalnya, jumlah staf pendidikan, jenis sekolah, tingkat sekolah, implementasi kurikulum, pengembangan lembaga pendidikan lokal, regional, nasional dan bahkan internasional untuk meningkatkan kinerja dunia pendidikan di masa lalu, sekarang dan masa depan. .
Dalam menghadapi globalisasi, dunia pendidikan Indonesia perlu meningkatkan dan segera memperbaiki sistem informasi untuk mendukung daya saing sumber daya manusia yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga pendidikan ini. Sistem informasi yang akan dibuat harus seimbang antara infrastruktur teknologi yang tersedia dan kemampuan sumber daya manusianya, sehingga tidak ada ketidaksetaraan utama dan bahwa sistem informasi tidak dapat secara signifikan berkontribusi pada dukungan mendasar untuk kuantitas dan kualitas pendidikan. Selain itu, lembaga pendidikan semakin membutuhkan sistem informasi, khususnya untuk meningkatkan aliran informasi reguler di lembaga pendidikan, untuk memantau kualitas dan untuk membangun aliansi atau bekerja dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai tersebut. lembaga pendidikan.
Perencanaan organisasi, manajemen dan pemantauan adalah kegiatan manajemen yang pada dasarnya adalah proses pengambilan keputusan. Semua kegiatan ini membutuhkan informasi. Informasi yang dibutuhkan oleh manajer disediakan oleh sistem informasi manajemen yang memberikan informasi kepada manajer secara teratur. Informasi ini berfungsi sebagai dasar untuk memantau dan mengevaluasi kegiatan dan hasil yang dicapai.
Informasi bertindak sebagai penghubung antara berbagai bagian organisasi, sehingga para pihak tidak terisolasi satu sama lain tetapi tetap menjadi unit dalam organisasi. aplikasi keuangan sekolah berbasis web penting ini, ada ahli yang membandingkan informasi seperti darah organisasi. Jika darah tidak ada atau tidak berfungsi, organisasi mati. Dia mengatakan informasi sebagai agen untuk menjaga organisasi tetap hidup.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>